Laman

Senin, 03 Desember 2012

Kreasi: Botol Penyiram Tanaman Otomatis

Apa yang bisa dibuat dari kaus kaki dan botol plastik bekas? Kita bisa jadikan penyiram tanaman otomatis.

Berapa banyak dari kita yang punya tanaman tapi suka malas merawat? Kalau tinggal sendiri dan sering pulang malam jadi lupa disiram. Kalau sering keluar kota juga jadi terlantar. Apalagi kalau mau liburan dan di rumah tidak ada yang jaga, tanaman akan kekeringan dan mati.

Ada satu cara mudah untuk membuat penyiram tanaman otomatis dimana air akan disalurkan ke dalam tanah sedikit demi sedikit sehingga bisa tanaman pun bisa tahan beberapa hari.


Caranya?

1. Cari botol plastik bekas. Bisa bekas air mineral atau soda.
2. Siapkan juga kaus kaki bekas/kain bekas lainnya, tang, pisau dan jarum pentul/paku diameter terkecil.
3. Lubangi botol plastik di sekujur badan botol.
4. Masukkan kaus kaki/kain bekas ke dalam botol. Bila sulit dimasukkan melalui mulut botol, potong botol menjadi 2 bagian dan di selotip kembali.
5. Tanam botol di pot atau taman Anda di dekat tanaman dan isi dengan air.
6. Buat botol penyiram sebanyak yang dibutuhkan.

Dengan cara ini, kita melakukan banyak hal. Pertama, adalah kita mendaur ulang botol plastik yang tidak terpakai dan juga kaus kaki/kain bekas yang biasanya langsung kita buang. Kedua, adalah kita memberikan perawatan yang baik untuk tanaman kita sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik dalam cuaca yang sangat panas sekalipun karena akar tanaman mendapatkan supply air dengan baik. Ketiga, membantu meringankan beban pekerjaan kita, daripada terus menerus menyiram, kita hanya sekali-kali mengisi botol kembali.

Akhir kata, daur ulang + menghidupi tanaman. Dua kombinasi yang sangat baik untuk lingkungan kita.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar