Minggu, 02 Desember 2012

Sulap: Menebak Usia

Suruh temanmu memikirkan sebuah bilangan antara 1 dan 99, tapi tidak mengatakannya kepadamu. Katakan kepadanya bahwa kau dapat menemukan bilangan yang dipikirkannya, kalau dia mau membuat hitungan yang kau perintahkan.

Beri dia pensil dan kertas, lalu minta dia menuliskan umurnya. Pada gambar berikut ada contoh bagaimana permainan ini dilakukan, dan kita misalkan saja umurnya 11 tahun.

Setelah temanmu menuliskan umurnya, mintalah dia untuk mengalikan dua dan menuliskan hasilnya. Bilangan ini kemudian ditambah 5, lalu hasilnya dikalikan 100. Cara paling cepat untuk mengalikan 100 hanya dengan menambahkan dua buah nol.

Kemudian mintalah dia membagi hasil terakhir dengan 2, kemudian ini dikurangi dengan jumlah hari dalam setahun. Kepada hasil terakhir ini kemudian dia menambahkan bilangan yang mula-mula dipikirkannya. Dalam contoh kita misalkan bilangannya 90, tapi boleh bilangan berapa saja antara 1 dan 99.

Temanmu harus mengatakan kepadamu hasil paling akhir, dan kau menambahnya dengan 115.

Dua angka pada sebelah kiri hasil akhirmu menunjukkan umurnya (satu angka kalau umurnya di bawah sepuluh tahun), dan dua angka pada sebelah kanan menunjukkan bilangan yang mula-mula dipikirkannya!

2 komentar:

  1. wah canggih caranya gan

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah mampir di sini, gan.
    Silakan dicoba trik sulap di atas.
    :)

    BalasHapus