Minggu, 08 Mei 2016

Saat Memberi Saat Tidak

Anak itu menangis keras-keras. Ia meminta uang kepada ibunya untuk membeli es krim di toko seberang. Tapi sang ibu tak kunjung memberi. Kata ibu, sekarang sedang tidak ada uang.

“Mama bohong. Mama pelit,” teriak anak itu sembari berlari menuju kamar ibunya. Melihat itu, ibu segera sigap, berusaha mencegah anaknya. “Hei, mau kemana? Nggak boleh nakal begitu.”

Sebuah drama yang sempurna. Di saat sedang berkutat dengan anaknya, seorang kawan lama datang. Kawan yang sangat baik dan akrab. Bersemangat sekali ia menyambut kedatangan kawannya ini. Penuh kehangatan.

Bersemangat pula ia menceritakan betapa nakal anak-anaknya. Inilah salah satu sisi yang absurd; sulit dimengerti dari ibu-ibu. Mereka kerap menceritakan kenakalan anak sehingga anak merasa malu, tapi merasa dongkol manakala ada yang menceritakan bahwa anaknya nakal.

Belum selesai cerita, anaknya menangis keras-keras. Kali ini disertai teriakan yang lebih lantang, “Mama, beliin es krim. Uangnya, Ma…!”

Cepat-cepat ia beranjak dari ruang tamu menuju ruang tengah menemui anaknya. Betapa malu ia pada sahabat lamanya demi mendengar teriakan anak yang berontak meminta uang. Tangan sudah siap mencubit, sementara wajah sudah siap untuk tampil lebih menyeramkan.

“Kamu jangan nakal begitu, dong. Malu didengar tamu,” bentak sang ibu dengan suara setengah berbisik. Tak lupa, cubitan keras melayang ke lengan anaknya.

“Aduh… Aduh… Mama nakal. Mama jahat. Mama suka mencubit,” teriak si anak lebih keras lagi, “Mama pelit….! Es krim, Ma….”

Tak tahan, sang ibu segera memberi uang. Bukan dari dompet kosong yang tadi ditunjukkan pada anaknya, tetapi dari balik saku yang lain.

“Ini. Cepat pergi. Beli es krim sana!” kata ibu sewot berusaha menahan marah. Anaknya menerima uang dengan kegirangan sembari menyeka airmata yang berhenti tiba-tiba, seiring berhentinya tangis. Sebuah kemenangan yang sempurna. Sebuah pelajaran tentang teknik memaksa orangtua, baru saja ia peroleh dari ibunya. Pelajaran lainnya adalah tentang bagaimana berbohong yang efektif. Ini sekaligus mengajarkan anak untuk tidak mudah percaya kepada ucapan-ucapan ibunya, termasuk nasihat dan perintah yang diberikan kepadanya.

Banyak orangtua yang memilih untuk segera memperoleh ketenangan saat itu juga demi dapat tersenyum manis pada tamu, daripada menunggu anak menjadi qurrota a’yun (penyejuk mata) untuk masa-masa berikutnya yang jauh lebih panjang, sejak nafas masih di dada hingga amalan diperhitungkan di Mahkamah Alloh.

Pertanyaannya sekarang, kapan orangtua perlu memberi dan kapan orangtua seharusnya menolak permintaan anak? Apakah orangtua seharusnya selalu memberi hadiah setiap kali anak melakukan tugas-tugas penting, baik atas suruhan orangtua maupun atas inisiatif anak sendiri? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak tetap meronta menangis sebagaimana contoh yang kita baca, padahal orangtua telanjur mengatakan tidak punya uang? Padahal adakalanya alasan tidak punya uang sungguh tidak dapat diterima anak lantaran anak tahu betul bahwa keadaannya tidak demikian.

Wallohu a’lam bish-showab. Saya tidak tahu persis apa saja yang perlu kita perhatikan. Hanya pada Alloh Ta’ala pengetahuan yang benar tentang segala sesuatu. Sejauh yang mampu saya ketahui, ada beberapa hal yang dapat kita perhatikan:

Tidak Terlalu Kikir
Sikap terlalu pelit tidak mengajarkan anak untuk berhemat. Justru sebaliknya, ini dapat mendorong anak melakukan berbagai tindakan nakal.

Kikir berangkat dari perasaan sayang terhadap harta, sehingga sulit melepaskannya sekalipun kepada anak sendiri. Sedangkan hemat berdiri di atas sikap mempertimbangkan maslahat dan madhorot, perencanaan anggaran untuk perekonomian diri sendiri maupun keluarga, maupun penetapan skala prioritas untuk memilih yang terpenting dari yang penting, menjauhkan yang paling tidak penting di antara yang tidak penting. Semua ini merupakan tuntutan atas seseorang yang sudah mencapai taklif, karena salah satu syarat taklif adalah ‘aqil baligh. Sedangkan kemampuan men-tashoruf-kan harta merupakan salah satu kecakapan yang dituntut bagi seorang yang sudah mencapai ‘aqil-baligh.

Sikap kikir orangtua mengakibatkan beberapa dampak bagi anak. Ini dapat dialami seluruhnya oleh anak, dapat pula sebagian saja. Salah satu dampak yang mungkin timbul adalah kecenderungan anak untuk bersikap foya-foya untuk kesenangan diri sendiri. Ia belajar mengembangkan sikap mengambil keuntungan dari setiap kesempatan. Ia memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang ada untuk memperoleh kemudahan dari orangtua, sehingga ia dapat bersenang-senang tanpa perlu berpikir bagaimana berjuang memperoleh kenikmatan itu semua.

Sikap pelit orangtua juga dapat mendorong anak untuk melakukan tindak kriminal semisal mencuri. Awalnya, ia belajar mencuri harta orangtua secara diam-diam. Selanjutnya, dapat berkembang menjadi tindakan pencurian disertai kekerasan. Mulanya kekerasan terhadap saudara dan adik yang mengetahui, berikutnya… na’uzubillahi min zaalik.

Khusus tentang pencurian yang dilakukan oleh balita, kita perlu berhati-hati menilai. Balita –terlebih yang usianya baru 2 tahunan— banyak yang belum memahami konsep harta, meskipun sebagian anak yang sudah berusia 3 tahun sudah mampu memahami. Mereka sulit membedakan milik sendiri dan milik orang lain. Karena itu, kita tidak dapat serta merta menyebutnya mencuri manakala ada balita mengambil milik orang lain, meskipun orangtua tetap perlu meluruskan dengan lemah-lembut. Perilaku mengambil milik orang lain merupakan hal yang wajar bagi balita, terutama bagi yang belum mengerti.

Akibat lainnya, anak belajar memaksa orangtua. Ia belajar mengembangkan cara memaksa karena tahu bahwa orangtua memiliki sekaligus mampu memberikan apa yang ia inginkan. Ia belajar membantah dan bersikap tidak baik kepada orangtua. Ia pun dapat mengembangkan sikap tidak percaya kepada orangtua. Na’uzubillahi min zaalik.

Boleh jadi ketiga hal tersebut tidak tampak saat anak di rumah mengingat hukuman yang mengancam, begitu menakutkan anak. Tetapi anak bukan hanya berada di kamar ibunya. Ia juga mempunyai lingkungan dimana ia berkembang bersama-sama dengan orang lain. Di sinilah ia dapat melakukan tindakan-tindakan nakal, misalnya mencuri. Apalagi jika ada teman yang memiliki kecenderungan serupa.

Alhasil, sikap terlalu kikir sebaiknya dijauhi. Permintaan anak, sejauh wajar dan tidak membawa madhorot, dapat dipenuhi oleh orangtua, kecuali jika memang tidak mampu. Orangtua hendaklah memberi tanpa banyak syarat dan beban.

Tetapi, ada saat-saat dimana orangtua perlu mengekang dan tidak menuruti permintaan anak agar ia dapat belajar menahan diri dari berbagai keinginan yang tidak penting. Juga, agar anak dapat belajar menetapkan skala prioritas kebutuhan yang perlu segera dipenuhi. Tetapi ada hal-hal yang perlu kita ketahui. (bersambung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar