Ada beberapa buah buku yang
disebarkan dengan cukup luas di masyarakat yang memuat kisah Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh yang konon telah
membunuh seorang anak perempuan dengan menguburnya hidup-hidup, seperti buku Sepuluh
Sahabat Dijamin Masuk Surga oleh Muhammad Ali Quthub, terbitan Pustaka
Nasional (1984), halaman 50-51. Terdapat juga dua artikel yang disiarkan di
dalam surat kabar Harokah. Satunya disiarkan sebagai bahan bacaan
untuk kanak-kanak di ruangan Bestari (Harokah, 18
Disember 1998), dan satu lagi artikel hasil penyelidikan satu kumpulan yang
memakai nama “Ilham” (Harokah, 30 Nov. 1998). Keduanya memuat
cerita yang sama dengan sedikit perbedaan narasinya.
Jika cerita yang seperti
itu disiarkan oleh musuh Islam tentu sekali tidak ada maksud lain lagi bagi
mereka selain untuk memburuk-burukkan citra Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh sebagai sahabat karib Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam dan kholifah
agung umat Islam.
Cerita yang seperti ini
jika disebarkan oleh kalangan Ahlus Sunnah Wal Jamaah, pada pandangan penulis
ada dua kemungkinan yang mendorong mereka menyebarkannya. Pertama, karena jahil
dan kedua adalah karena menganggap kisah ini berlaku sewaktu Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh berada di zaman
Jahiliyah.
Apa peliknya andaikata
semasa Jahiliyah itu Sayyidina Umar rodhiyallohu
‘anh telah melakukan demikian! Selain itu bukankah ini menunjukkan
kehebatan Islam? Dengan kemampuannya yang luar biasa dalam mengubah dan
membentuk pribadi manusia, sehingga manusia yang sekejam Umar rodhiyallohu ‘anh itu pun setelah
memeluk Islam menjadi sebaik-baik manusia malah pemimpin Islam contoh untuk
umat Islam kemudian.
Bagi penulis, tidak timbul
soal kehebatan Islam dalam mengubah kehidupan manusia karena ini pun telah
terbukti melalui sekian banyak riwayat-riwayat yang shohih. Tetapi bagaimana
dengan cerita kekejaman Sayyidina Umar rodhiyallohu
‘anh ini? Apakah kedudukannya? Adakah ia memang berdasar atau ia hanya dongeng
dan cerita rekaan semata-mata?
Alangkah berguna kepada
para pembaca sekalian sekiranya penulis buku-buku dan artikel-artikel tersebut
mengemukakan tempat rujukan kisah ini supaya amanah ilmiah yang mereka bawakan
kepada orang banyak itu disampaikan dengan penuh tanggungjawab.
Kisah ini tidak akan dapat
ditemui dan didapatkan walaupun bayangannya di dalam kitab-kitab hadits atau
kitab-kitab sejarah yang muktabar. Tentu sekali mulanya ia direka oleh musuh
Islam, tetapi sungguh malang sekali kita umat Islam hari ini, karena menerima
apa saja yang disodorkan dalam bentuk cerita atau kisah-kisah sahabat padahal Rosululloh
sholallohu ‘alaihi wa sallam telah
pun bersabda yang berarti;
“Cukuplah seseorang itu
menjadi pendusta apabila ia menceritakan apa saja yang didengarnya.” (Hadits
Riwayat Muslim)
Tujuan penulis mengoreksi
artikel-artikel ini tidak lain adalah untuk memelihara kesucian sejarah hidup
sahabat Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam,
juga untuk memberi peringatan kepada umat Islam umumnya, pendakwah-pendakwah,
penulis-penulis dan guru-guru agama khususnya supaya berhati-hati apabila
membawa sesuatu kisah berhubung dengan Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam dan sahabat-sahabat Baginda sholallohu ‘alaihi wa sallam karena
mereka adalah cermin agama Islam.
Supaya lebih jelas kepada
para pembaca, penulis putarkan kembali bagian terpenting dari kisah Sayyidina
Umar rodhiyallohu ‘anh mengubur
hidup-hidup anak perempuannya (sebagaimana yang disiarkan di dalam akhbar
tersebut). Begini ceritanya …
“… Umar memejamkan mata.
Anak itu ditendangnya masuk ke dalam lubang yang digalinya. la menangis. Umar
tidak menghiraukannya. … Umar menutupkan mata dan terpikir, “Oh! Anakku yang
manis dan pintar. Mengapa kau dilahirkan sebagai perempuan?” la menangis. Tangannya
gementar, tubuhnya menggigil. “Umar, jangan jadi pengecut,” tiba-tiba suara itu
terdengar berulang kali di telinganya. Lalu sambil menahan kesedihannya, Umar
meneruskan lagi menimbun pasir ke lubang tadi, sehinggalah anaknya itu
menghembuskan nafasnya yang terakhir …”
Selain kisah ini tidak
terdapat di dalam kitab-kitab shohih dan muktabar, ia juga bertolak belakang
dengan kaidah ilmu periwayatan yang dipakai oleh ulama’ Islam dalam menilai
sesuatu cerita.
Di antara alasan yang boleh
dikemukakan ialah:
1. Tidak ada satu pun
riwayat yang boleh dipertanggungjawabkan untuk membuktikan seorang pun dari
kabilah Quroisy pernah mengubur anak hidup-hidup, apatah lagi untuk membuktikan
Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh
membunuh anak perempuan sendiri.
2. Adat mengubur anak
perempuan hidup-hidup berlaku di kalangan setengah-setengah kabilah Bani Tamim
dan Asad yang bimbangkan kepapaan menimpa mereka disebabkan anak-anak itu.
(Mohd Tayyib An Najjar, Al-Qobasu Al-Wadhdho, halaman 78, Zakaria
Bashier, The Meccan Crucible, halaman 24).
Sebagaimana adanya riwayat
menyebutkan Qois bin Asim, seorang pemimpin kabilah Bani Tamim yang kemudiannya
memeluk Islam, telah mengaku mengubur hidup-hidup 8 orang anak perempuannya di
zaman Jahiliyah, di sana terdapat juga riwayat menyebutkan seorang pemimpin
dari kabilah yang sama telah menyelamatkan sekian banyak anak-anak perempuan
dari dibunuh oleh ibu bapak mereka karena takutkan kepapaan dengan membeli
anak-anak perempuan itu.
Di antara pemimpin yang
menonjol dalam usaha membasmi adat keji ini ialah Sa’sa’ah bin Naajiah, kakek
dari Al-Farozdaq (seorang penyair Arab yang terkenal) dan Zaid bin Amar bin
Nufail.
Sa’sa’ah telah membeli anak
perempuan dari kedua ibu bapak mereka, kemudian memelihara mereka hingga
dewasa. Bilangan anak-anak perempuan yang dipeliharanya ialah 360 orang. (Ath-Thobaroni
dalam Al-Mu’jamu Al-Kabir, jilid 8, halaman 77).
Sementara Zaid bin Amar bin
Nufail pula tidak terpengaruh dengan masyarakatnya yang menyekutukan Alloh Subhanahu wa Ta’ala dengan sesuatu yang
lain malah beliau mencari-cari kebenaran dan sedapat mungkin coba mengesan
serta mengamalkan sisa-sisa peninggalan agama Nabi Ibrohim (‘Alaihis Salam). Beliau juga membeli
anak-anak perempuan dari ibu bapak mereka lalu memeliharanya hingga dewasa.
Kemudian beliau akan membawa anak perempuan itu kepada dua ibu bapak
masing-masing lalu berkata kepada mereka, “Jika kamu suka kepada anak perempuan
kamu ini bolehlah kamu mengambilnya, atau kalau kamu tidak mahu biarlah
anak-anak perempuan ini bersama saya.” (Bukhori, jilid 1, halaman 540.)
Zaid bin Amar bin Nufail
bukan saja dari keluarga Sayyidina Umar rodhiyallohu
‘anh malah beliau merupakan sepupu Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh sendiri. Adik perempuan Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh menjadi isteri kepada
anaknya Sa’id, manakala anak perempuan Zaid pula menjadi isteri Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh sendiri. Takkanlah
dalam keluarga yang terkenal dengan usaha-usaha suci menyelamatkan anak-anak
perempuan dari dibunuh oleh orang tua mereka, tiba-tiba seorang yang sangat
menyerlah dan terpenting di kalangan mereka melakukan perbuatan terkutuk ini
dengan membunuh anak sendiri!
3. Setelah Makkah dibuka, Rosululloh
sholallohu ‘alaihi wa sallam berbai’at
dengan perempuan-perempuan Mukmin. Di antara ucapan Baginda sholallohu ‘alaihi wa sallam ialah:
“Kamu tidak lagi akan membunuh anak-anak kamu.” Hindun dengan spontan
menjawab, “Kami memelihara mereka semasa kecil, apabila besar kamu pula yang
membunuhnya.”
Peristiwa tersebut
dicatatkan di dalam kitab-kitab hadits dan kitab-kitab sirah dengan jelas dan
terperinci, kata-kata Hindun ini menunjukkan kabilah Quroisy tidak terlibat
dengan adat yang keji ini.
Sabda Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam yang
diriwayatkan oleh Imam Muslim juga membuktikan bahawa Quroisy tidak terlibat
dalam pembunuhan anak-anak perempuan iaitu sabda Baginda sholallohu ‘alaihi wa sallam yang bermaksud;
“Sebaik-baik perempuan Arab
ialah perempuan Quroisy. Mereka sangat penyayang terhadap anak-anak yatim
sewaktu kecilnya dan mereka amat menjaga kedudukan dan harta benda suami.” (Shohih
Muslim, jilid 16 halaman 81)
Apa artinya pujian Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam mengenai
sifat penyayang mereka terhadap anak-anak sekiranya mereka juga seperti
kabilah-kabilah lain yang terlibat dengan adat membunuh anak? Sewaktu Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam diutuskan
menjadi Nabi, Sayyidina Umar rodhiyallohu
‘anh ketika itu berumur 27 tahun. Anak-anak Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh yang lahir sebelum
Islam semuanya masih hidup. Mereka ialah Ummul Mukminin Hafsah, ‘Abdulloh bin
Umar dan ‘Abdul Rohman.
Dalam tradisi Arab,
seseorang itu di-kunyah-kan dengan anak sulungnya. Sebagaimana kunyah Nabi kita
sholallohu ‘alaihi wa sallam ialah
Abu Al-Qosim, kunyah Sayyidina Umar rodhiyallohu
‘anh ialah Abu Hafshin yang merujuk kepada Hafshoh, anak perempuannya. Ini
menunjukkan anak perempuan Sayyidina Umar rodhiyallohu
‘anh yang sulung ialah Sayyidatina Hafshoh.
Perlu juga diperhatikan
bahawa di sepanjang hayatnya, berapa banyakkah isteri Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh dan juga hamba
sahayanya di samping anak-anak beliau dengan mereka itu?
Karena sejarah menyimpan
semua maklumat isteri-isteri dan anak-anak Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh, Imam Ibnu Al-Jauzi dan lain-lain telah
menuliskan daftar isteri-isteri Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh dan anak-anaknya serta hamba sahayanya. Beliau
menulis, “Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh
mempunyai beberapa orang isteri dan mendapat banyak anak.”
Isteri beliau ialah:
1. Zainab binti Maz’un. Zainab
adalah saudara perempuan Utsman bin Maz’un yang terbilang di antara orang yang
memeluk Islam di peringkat permulaan, juga merupakan saudara susuan Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam. Dengan
Zainab ini Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh
telah mendapat tiga orang anak iaitu Hafshoh, ‘Abdulloh, dan ‘Abdul Rohman.
2. Atikah binti Zaid bin Amar
bin Nufail. Dengannya beliau mendapat seorang anak lelaki bernama ‘Iyadh.
3. Isteri yang ketiga ialah
Jamilah binti Tsabit bin Aflah. Dengannya beliau mendapat seorang anak lelaki
bernama ‘Ashim.
4. Ummul Hakam binti Al-Harits
bin Hisyam. Dengannya beliau mendapat anak perempuan bernama Fatimah.
5. Ummul Kultsum binti Jarwal
bin Malik. Dengannya beliau mendapat dua orang anak bernama ‘Ubaidulloh dan
Zaid Al-Akbar.
6. Ummul Kultsum binti Ali bin
Abi Tholib. Dengannya beliau mendapat dua orang anak bernama Zaid Al-Ashghor
dan Ruqoyyah.
7. Dari hamba sahayanya yang
bernama Fukayyah dan Luhayyah juga Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh telah mendapat anak. Dengan Fukayyah dia mendapat
anak perempuan bernama Zainab dan dengan Luhayyah beliau mendapat anak bernama ‘Abdul
Rohman Al-Ausath dan ‘Abdul Rohman Al-Ashghor.
Jadi anak-anak Sayyidina
Umar rodhiyallohu ‘anh adalah seperti
berikut:
Lelaki:
1. ‘Abdulloh
2. ‘Abdul Rohman Al-Akbar
3. ‘Abdul Rohman Al-Ausath
4. ‘Abdul Rohman Al-Ashghor
5. Zaid Al-Akbar
6. Zaid Al-Ashghor
7. ‘Ubaidulloh
8. ‘Ashim
9. ‘Iyadh
Perempuan:
1. Hafshoh
2. Ruqoyyah
3. Fatimah
4. Zainab
Dari isteri pertamanya
Zainab binti Maz’un, Sayyidina Umar rodhiyallohu
‘anh hanya mendapat tiga orang anak yaitu Ummul Mukminin Hafshoh, ‘Abdulloh
bin Umar dan ‘Abdul Rohman Al-Akbar. Hafshoh adalah anak sulungnya dengan
Zainab binti Maz’un, sebab itulah beliau dikunyahkan dengan Abu Hafshin.
Pada ketika beliau memeluk
Islam, beliau mempunyai hanya 3 orang anak ini saja. Kalau begitu anak yang
manakah yang ditanam hidup-hidup oleh Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh itu? Siapakah namanya dan siapakah nama ibunya?
Kalaulah Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh
betul-betul tidak suka atau bencikan anak perempuan, kenapa pula beliau sanggup
memakai kunyah Abu Hafshin?
Selain dari alasan yang
disebutkan tadi, adakah logik Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh baru mengetahui bahwa sebenarnya anaknya hanya
setelah anak itu berumur 4 tahun?
Mungkin juga orang yang
mula-mula menyebarkan kisah ini terkeliru dengan riwayat Wadhin yang
dikemukakan oleh Imam Daarimi di dalam Sunan-nya, atau mungkin ia
pura-pura terkeliru.
Riwayat itu menyebutkan
bahwa ada seorang lelaki mengadap Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam lalu dia berkata, “Wahai Rosululloh!
Kami dahulu orang-orang Jahiliyah. Kami menyembah berhala dan membunuh
anak-anak. Saya pernah mempunyai seorang anak perempuan. Bila saya memanggilnya
dia berlari-lari datang kepada saya dan sangat ceria. Pada suatu hari saya
memanggilnya. Dia terus mengekori saya. Berdekatan dengan tempat itu ada satu
telaga. Saya memegang tangannya dan mendorongnya masuk ke dalam telaga.
Kata-kata terakhir yang terkeluar dari mulutnya ialah, ‘Ayah!’”
Mendengar ceritanya itu
Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam menangis.
Orang-orang yang ada berdekatan dengan Nabi sholallohu
‘alaihi wa sallam berkata kepada orang itu, “Kamu betul-betul telah
menyedihkan Rosululloh sholallohu ‘alaihi
wa sallam.” Nabi bersabda, “Orang ini datang bertanyakan sesuatu yang lebih
penting dari itu (kesedihan Rosululloh).” Seraya Baginda sholallohu ‘alaihi wa sallam berkata kepada orang itu, “Ceritakan
sekali lagi kisah itu.” Orang itu pun mengulangi lagi sekali kisah tersebut
menyebabkan Rosululloh sholallohu ‘alaihi
wa sallam menangis sehingga basah janggutnya.
Kemudian Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Perkara-perkara yang telah dilakukan oleh mereka di zaman Jahiliyah telah
dihapuskan oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala
dengan masuknya mereka ke dalam Islam. Sekarang muliakanlah amalan-amalan yang
lain.” (Sunan Daarimi, jilid 1, halaman 3)
Ini adalah satu kisah dari
seorang yang tidak diketahui siapa orangnya dan apa namanya. Mungkin
orang-orang yang mempunyai maksud jahat telah mengaitkan cerita ini dengan
Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh
padahal cerita ini pun jika ditimbang dengan neraca ilmu riwayat juga tidak
dapat disebutkan karena Wadhin adalah merupakan perowi teratas, lahir pada
tahun 80 H dan wafat pada 149 H, sedangkan dia tidak pula menceritakan perowi
lain di atasnya. Tidak mungkin dia telah mendengar sendiri kisah ini 80 tahun
sebelum kelahirannya!
Dalam istilah ilmu hadits,
riwayat seperti ini dinamakan riwayat munqothi’, karena perowi di atasnya tidak
disebutkan. Selain itu Wadhin itu sendiri adalah seorang yang dipertikaikan
oleh ulama’ rijal hadits tentangnya. Imam Bukhori, Muslim, dan Nasa’i tidak mau
menerima riwayatnya. Ibnu Sa’ad berkata, “Dia seorang yang dhoif.” Abu Hatim
berkata, “Sebagian riwayatnya baik, tetapi sebagian yang lain sangatlah buruk.”
Jauzajani berkata, “Riwayat-riwayatnya adalah lemah.” (Mizan Al-I’tidal,
jilid 4, halaman 336). Hafidz Ibnu Hajar menulis bahwa, “Ingatannya sangat
jelek di samping tertuduh berfahaman Qodariyah.” (Taqribu At-Tahzib jilid
2 halaman 331)
Bila riwayat itu sendiri
tidak tahan diuji, di samping orang yang berkenaan pula tidak disebutkan dengan
jelas namanya, kenapa pula ada orang yang pandai-pandai mengaitkannya dengan
Sayyidina Umar rodhiyallohu ‘anh?
Tentu sekali perbuatan seperti ini tidak berani dilakukan dengan sengaja,
kecuali oleh musuh-musuh Islam.
Redaktur: Shabra Syatila
Sumber: Maulana Muhammad
Asri Yusuf
Sumber: http://fimadani.com/kisah-umar-bin-khathab-mengubur-hidup-hidup-puterinya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar