.:: Pengertian
Pengertian secara Etimologi: Psyche
berarti jiwa atau ruh; Logos berarti ilmu. Psikologi adalah ilmu yang
mempelajari jiwa atau ruh.
Pengertian secara Terminologi: Ruh atau
jiwa tidak dapat diamati, sulit diukur, sulit di telaah secara ilmiah. Yang dapat
diukur dan di telaah secara ilmiah adalah perilaku organisme sebagai wujud
adanya jiwa.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari
perilaku dan proses mental organisme.
.:: Konsep Perkembangan
· Pertumbuhan (Growth)
Perubahan yang bersifat kuantitatif baik
perubahan secara alamiah maupun hasil belajar.
· Kematangan (Maturation)
Perubahan kualitatif fungsi psiko-fisik
organisme dari tidak siap menjadi siap melakukan fungsinya. Perubahannya
alamiah dan hasil belajar.
· Belajar (Learning)
Perubahan perilaku sebagai akibat
pengalaman, disengaja, bertujuan/terarah, baik secara kualitatif maupun
kuantitatif.
· Latihan (Exercise)
Perubahan perilaku yang bersifat
mekanistis dan lebih banyak menyentuh aspek psikomotor organisme sebagai akibat
pengalaman, disengaja, bertujuan/terarah, baik secara kualitatif maupun
kuantitatif.
Growth, maturation, learning, exercise sama-sama
menghasilkan perubahan perilaku yang menyebabkan organisme mengalami
perkembangan (development).
Perkembangan terjadi sejak masa konsepsi,
yakni saat bertemunya antara sperma
dengan sel telur sampai akhir hayat.
Perkembangan adalah perubahan sepanjang
hayat (changes over time), baik melalui proses
pertumbuhan, kematangan, belajar, maupun melalui latihan.
.::
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
A. Aliran Nativisme
Tokoh: Schoupen
Hower
Perkembangan
organisme ditentukan oleh faktor pembawaan (nativus).
Penelitian Henry
Goddaard terhadap keluarga Marin Kallikak.
B. Aliran Empirisme
Perkembangan
organisme ditentukan oleh faktor lingkungan.
Teori Tabula Rasa
John Locke
Penelitian J.B.
Watson
C. Aliran Konvergensi
Tokoh: William
Stern
Perkembangan
ditentukan baik oleh faktor pembawaan maupun lingkungan. Ada determinasi faktor
perkembangan:
- Pertumbuhan cepat (cepat mandiri):
statis, cenderung menurut, masa bakti pendek.
- Perkembangan lambat: terus meningkat,
masa bakti panjang, dinamis hidupnya.
Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan
secara kuantitatif pada aspek-aspek fisik maupun psikis, mengarah pada kondisi
yang lebih matang.
Perkembangan adalah proses perubahan secara
kualitatif pada aspek-aspek fisik maupun psikis, mengarah pada kondisi yang
lebih matang.
Perkembangan terjadi sepanjang rentang
kehidupan manusia (Life-Span).
Jadi, Perkembangan =
perubahan fisik dan/atau psikis secara kualitatif dan atau kuantitatif ke arah yang lebih matang.
Perkembangan
mencakup aspek luas: Peristiwa belajar, pengalaman, kematangan hingga terjadi
perubahan yang relatif permanen dalam hidup seseorang.
Terdapat perbedaan
kecepatan baik intra maupun inter individual (individual differences).
Perkembangan
berlangsung secara:
1.
Bertahap: perkembangan berjalan sedikit demi sedikit, tidak secara
tiba-tiba dan sporadis.
2.
Teratur: mengikuti pola yang berlaku umum bagi semua individu.
3.
Kontinyu: suatu tahap mendasari tahap berikutnya atau kelanjutan
dari tahap sebelumnya.
Dengan bermodal
itu semua, kita dapat memprediksi masa depan.
Perkembangan
fisik: perubahan-perubahan struktur dan fungsi tubuh sepanjang waktu.
Perkembangan
kepribadian: perubahan-perubahan pribadi yang terjadi seiring pertumbuhan
individu.
Perkembangan
sosial: perubahan-perubahan terjadi karena individu berhubungan dengan individu
lain.
Perkembangan
kognitif: perubahan-perubahan cara berpikir individu, di mana proses mental
menjadi lebih kompleks dan tepat.
Kematangan
(maturation): meliputi perubahan-perubahan biologis yang terjadi secara alami,
spontan, dan pada aspek genetik yang lebih luas.
Emosi:
menyangkut perubahan-perubahan yang berkaitan dengan aspek rasa.
.::
Kontroversi Pandangan Perkembangan
1.
Nature vs. Nurture
Nature: perkembangan ditentukan oleh faktor dasar yang dibawa sejak
lahir.
Nurture: perkembangan ditentukan oleh faktor lingkungan di mana
individu tumbuh dan berkembang.
2.
Continuity vs. Discontinuity
Continuity: perkembangan terjadi secara berkesinambungan antara
tahap satu dengan tahap berikutnya.
Discontinuity: perkembangan merupakan tahap-tahap yang berbeda dan
terpisah diantara satu dengan yang lain.
3.
Quantitative vs. Qualitative
Quantitative: perkembangan sangat terukur, dan diketahui berapa
banyak perubahan yang terjadi.
Qualitative: perkembangan bersifat kualitatif, tidak sekedar
banyaknya perubahan, tetapi perubahan itu bagaimana.
4.
Stability vs. Instability
Stability: perkembangan membuat kehidupan individu menjadi stabil,
sehingga memudahkan penyesuaian diri.
Instability: perkembangan membuat kehidupan individu menjadi tidak
stabil, sehingga membuat penyesuaian diri tidak pernah selesai.
Dosen:
Dra. Iis Islahiyyah Kamilah, M.Pd
[Download]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar