.:: Tugas Perkembangan 0-6 Th (Masa Kanak-kanak)
Belajar berjalan
Belajar memakan
makanan yang padat
Belajar berbicara
Belajar buang air
kecil dan air besar
Belajar mengenal
jenis kelamin
Mencapai
kesetabilan jasmaniah fisiologis
Membentuk
konsep-konsep sederhan
Belajar hubungan
emosional dengan orla
Belajar melakukan/hubungan
baik berdasarkan norma sosial/agama
.:: Tugas Perkembangan Anak
Usia SD (6/7 s.d. 12/13)
1.
Mempelajari
keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum.
2.
Membangun sikap yang
sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh.
3.
Belajar menyesuaikan
diri dengan teman-teman seusianya.
4.
Mulai mengembangkan
peran sosial pria atau wanita yang tepat.
5. Mengembangkan keterampilan-keterampilan dasar membaca,
menulis, dan berhitung.
6. Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan
untuk kehidupan
sehari-hari.
7. Mengembangkan hati nurani, pengertian moral dan tata
tingkatan nilai.
8. Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial
dan lembaga-lembaga.
9.
Mencapai kebebasan
pribadi.
.:: Karakteristik
Perkembangan Fisik Anak Usia SD
•
Perubahan tubuh: sistem tulang, otot, dan keterampilan gerak Diferensiasi tulang belulang, pada masa bayi
berjumlah 27 berkembang menjadi 350 pada akhir masa anak sekolah. Diferensasi
terjadi dipengaruhi oleh faktor gizi dan latihan. Otot anak laki-laki lebih
kuat. Secara fisik anak perempuan lebih cepat matang dari pada anak laki- laki
Segi Psikomotorik
•
Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna
untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat,
berlari dan menaiki tangga.
•
Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan
badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola
•
Anak sudah dapat memperkirakan kegiatan/gerakan yang berbahaya dan
tidak berbahaya
•
Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
•
Anak sudah bias menunjukkan kebersihan dalam berpakaian, badan dan
alat-alat yang dibawa
Segi Mental
•
Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti
menghitung tanpa menggunakan benda
• Anak sudah dapat menghubungkan suatu objek atau kejadian dengan
konsep tertentu yang bersifat abstrak. Misalnya tentang luas dan volume
•
Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya
tertentu
•
Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
•
Anak dapat membuat gambar-gambar dengan menggunakan sudut
perspektif sederhana
•
Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu
•
Anak dapat merumuskan dan menunjukkan pengertian terhadap sesuatu
•
Anak sudah dapat mengikuti peraturan yang berlaku umum
•
Anak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, baik sendiri
maupun kerja sama
•
Anak dapat menunjukkan aktivitasnya dalam berbagai
kegiatan sekolah maupun di lingkungannya
•
Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan
masalah-masalah tertentu
Segi
Sosial – Emosionalitas
•
Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa
•
Anak dapat menunjukkan penghargaan terhadap guru atau orang dewasa
lainnya
•
Anak dapat menunjukkan sikap empati terhadap suatu kondisi
•
Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama
kelompok teman sebayanya
•
Anak dapat menunjukkan sikap marah dalam kondisi yang wajar
•
Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain
•
Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman
•
Anak menunjukkan rasa solidaritas terhadap teman sekelompoknya
•
Anak telah memiliki kemauan untuk menceritakan sesuatu kepada
teman-temannya
Dosen:
Dra. Iis Islahiyyah Kamilah, M.Pd
[Download]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar