Sabtu, 08 Februari 2014

Perkembangan Usia TK-SD

.:: Tugas Perkembangan 0-6 Th (Masa Kanak-kanak)

Belajar berjalan
Belajar memakan makanan yang padat
Belajar berbicara
Belajar buang air kecil dan air besar
Belajar mengenal jenis kelamin
Mencapai kesetabilan jasmaniah fisiologis
Membentuk konsep-konsep sederhan
Belajar hubungan emosional dengan orla
Belajar melakukan/hubungan baik berdasarkan norma sosial/agama

.:: Tugas Perkembangan Anak Usia SD (6/7 s.d. 12/13)

1.   Mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum.
2.   Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh.
3.   Belajar menyesuaikan diri dengan teman-teman seusianya.
4.   Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita yang tepat.
5.   Mengembangkan keterampilan-keterampilan dasar membaca, menulis, dan berhitung.
6.   Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.
7.   Mengembangkan hati nurani, pengertian moral dan tata tingkatan nilai.
8.   Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
9.   Mencapai kebebasan pribadi.

.:: Karakteristik Perkembangan Fisik Anak Usia SD

     Perubahan tubuh: sistem tulang, otot, dan keterampilan gerak Diferensiasi tulang belulang, pada masa bayi berjumlah 27 berkembang menjadi 350 pada akhir masa anak sekolah. Diferensasi terjadi dipengaruhi oleh faktor gizi dan latihan. Otot anak laki-laki lebih kuat. Secara fisik anak perempuan lebih cepat matang dari pada anak laki- laki

Segi Psikomotorik
     Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki tangga.
     Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola
     Anak sudah dapat memperkirakan kegiatan/gerakan yang berbahaya dan tidak berbahaya
     Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
     Anak sudah bias menunjukkan kebersihan dalam berpakaian, badan dan alat-alat yang dibawa

Segi Mental
     Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
    Anak sudah dapat menghubungkan suatu objek atau kejadian dengan konsep tertentu yang bersifat abstrak. Misalnya tentang luas dan volume
     Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu
     Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
     Anak dapat membuat gambar-gambar dengan menggunakan sudut perspektif sederhana
     Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu
     Anak dapat merumuskan dan menunjukkan pengertian terhadap sesuatu
     Anak sudah dapat mengikuti peraturan yang berlaku umum
     Anak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, baik sendiri maupun kerja sama
     Anak dapat  menunjukkan aktivitasnya dalam berbagai kegiatan sekolah maupun di lingkungannya
     Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah tertentu

Segi Sosial – Emosionalitas
     Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa
     Anak dapat menunjukkan penghargaan terhadap guru atau orang dewasa lainnya
     Anak dapat menunjukkan sikap empati terhadap suatu kondisi
     Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya
     Anak dapat menunjukkan sikap marah dalam kondisi yang wajar
     Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain
     Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman
     Anak menunjukkan rasa solidaritas terhadap teman sekelompoknya
     Anak telah memiliki kemauan untuk menceritakan sesuatu kepada teman-temannya


Dosen: Dra. Iis Islahiyyah Kamilah, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar