Kamis, 16 Juni 2016

Menghormati Hak Anak

Bagaimana sikap Rosululloh Shollallohu ’alaihi wa Sallam (SAW) terhadap anak? Secara ringkas, saat bercanda sebagai teman, saat bertutur menjadi guru, dan terhadap hak anak, Rosululloh SAW menjadi pelindung dan penjaga. Melalui tindakan dan ucapannya, Rosululloh Muhammad mengajarkan kepada kita bagaimana menghormati hak anak. Barangkali inilah yang membuat anak-anak di masa Rosululloh SAW mudah menerima kebenaran, ringan mendengarkan nasihat, dan ketika dewasa tidak sibuk mendahulukan hak. Mereka bersegera melaksanakan kewajiban karena di masa kecil mereka selalu dijaga haknya.

Marilah kita ingat peristiwa yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim. Dari Sahl bin Sa’ad RA, Rosululloh SAW pernah disuguhi minuman. Beliau meminumnya sedikit. Di sebelah kanan beliau ada seorang bocah dan di sebelah kiri beliau duduk para orangtua. Beliau bertanya kepada si anak, “Apakah engkau rela jika minuman ini aku berikan kepada mereka?” Si anak menjawab, “Aku tidak rela, ya Rosul Alloh, demi Alloh aku tidak akan memperkenankan siapa pun merebut bagianku darimu.” Rosululloh SAW meletakkan minuman itu ke tangan anak kecil tersebut.

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari Hadits ini? “Rosululloh SAW memelihara hak si anak dengan menyuguhkan minuman terlebih dahulu kepadanya karena ia berada di samping kanan beliau,” kata Najib Kholid Al-‘Amr menuturkan dalam Min Asaalibir Rosul SAW Fit Tarbiyah.

“Ini adalah bentuk pendidikan yang menjadikan anak seakan berada dalam jajaran para orangtua dari segi perolehan hak. Ketika anak telah merasa mengambil haknya, perasaan cintanya kepada Rosululloh SAW akan bertambah dan keimanan kepada risalah beliau akan semakin kokoh,” kata Najib Kholid Al-‘Amr seraya menambahkan, “dari sinilah potensi kreativitasnya akan berkembang dalam naungan dakwah beliau.”

Cara bersikap seperti ini membuat anak merasa berharga. Ia memiliki citra diri yang baik. Tidak menganggap dirinya buruk, tidak pula memandang orang dewasa dan lingkungan pada umumnya sebagai sumber ketakutan. Selanjutnya, anak akan memiliki konsep diri yang positif sehingga mampu mengembangkan potensinya secara optimal. Rasa percaya diri yang sangat besar, seringkali ditentukan oleh seberapa baik anak memperoleh perlakuan dari orangtua. Bukan apa yang ia miliki untuk ditunjukkan kepada orang lain.

Mencintai Tanpa Syarat
Alfie Kohn, seorang psikolog sekaligus penulis buku Unconditional Parenting, menunjukkan bahwa cinta yang tulus lebih efektif untuk mengasuh, mengarahkan, mendidik, dan mendorong anak untuk lebih bertanggungjawab. Jika Anda ingin anak-anak lebih hormat kepada Anda beserta apa yang Anda katakan, tumbuhkanlah kepercayaan mereka kepada Anda. Caranya? Cintailah mereka sepenuh hati dengan tulus. Tanpa syarat.

Selain itu, anak-anak akan memperhatikan kata-kata Anda. Jika Anda berbohong kepadanya, anak tidak akan percaya kepada setiap perkataan Anda, sekalipun itu nasihat yang paling baik. Padahal tanpa kepercayaan, bagaimana mungkin anak-anak akan tergerak untuk melakukan apa yang kita inginkan?

Di sinilah kita bisa memahami mengapa Rosululloh SAW sangat menekankan agar kita mencintai anak-anak tanpa syarat, menepati janji, tidak berbohong, dan adil terhadap mereka. Bagaimana anak-anak kita mengimani Tuhannya kelak, sangat dipengaruhi oleh cara kita memperlakukan mereka di waktu kecil.

Ingatlah ketika Rosululloh Muhammad SAW bersabda, “Cintailah anak-anak dan kasih-sayangilah mereka. Bila menjanjikan sesuatu kepada mereka, tepatilah. Sesungguhnya yang mereka ketahui, hanya kamulah yang memberi mereka rezeki,” (Riwayat Bukhori).

Selain tentang seruan untuk melimpahkan cinta dan kasih sayang kepada anak, ada dua hal yang perlu kita renungkan dari Hadits tersebut. Pertama, berkait dengan sabda Nabi SAW, “Sesungguhnya yang mereka ketahui, hanya kamulah yang memberi mereka rezeki.” Ini mengingatkan saya pada teori psikologi agama yang menunjukkan bahwa keyakinan –bukan pengetahuan—kepada Tuhan sangat dipengaruhi oleh pengalaman anak berhubungan dengan orangtua. Mereka yang memiliki orangtua pelit, tidak konsisten, dan tidak memiliki prinsip dalam mengasuh anak, cenderung menjadi pribadi yang sulit membangun keyakinan sangat kuat terhadap sifat pemurah Alloh Ta’ala meskipun pengetahuannya tentang hal tersebut sangat luas. Wallohu a’lam bishowab.

Kedua, menepati janji. Ini merupakan bagian dari berkata dengan perkataan yang benar (qoulan sadiida). Inilah satu dari dua kunci mendidik anak yang ditunjukkan oleh Alloh ‘Azza wa Jalla dalam al-Qur’an surat An-Nisaa’ ayat 9, Alloh Subhanahu wa Ta’ala (SWT) berfirman, “Dan hendaklah takut kepada Alloh orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Alloh dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Bagaimana kalau kita melakukan hal-hal yang kurang baik? Jika kita benar-benar berusaha untuk selalu berkata jujur kepada anak, sementara kita tidak ingin menjadi contoh yang buruk bagi mereka, maka insya Alloh kejujuran akan menuntun kita untuk berbenah. Ada dorongan dari dalam diri kita untuk terus memperbaiki diri agar bisa menjadi contoh yang layak bagi mereka. Kalau tidak, kita akan berhadapan dengan dua kemungkinan.

Pertama, lidah kita kelu ketika berbicara kebaikan dan kebenaran kepada anak disebabkan dua hal tersebut tidak melekat pada diri kita.

Kedua, kita berbohong kepada mereka untuk menutupi keburukan, sehingga kita justru melanggar apa yang telah diperintahkan oleh Alloh Ta’ala dalam surat An-Nisaa’ ayat 9. Padahal berkata yang jujur (qoulan sadiida) merupakan kunci untuk melahirkan generasi yang kuat dan tidak mengkhawatirkan. Wallohu a’lam bishowab.

Inilah di antara hikmah berbicara dengan perkataan yang benar kepada anak. Secara keseluruhan, berbicara yang benar akan membawa kita pada kebaikan. Alloh ‘Azza wa Jalla akan membaguskan amal-amal kita dan mengampuni dosa kita. Alloh Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Alloh dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Alloh memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menaati Alloh dan Rosul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (Al-Ahzab [33]: 70-71).

Jika berkait dengan tugas kita sebagai orangtua, kesungguhan untuk berkata yang benar akan mendorong kita terus berbenah, sehingga kapasitas pribadi kita sebagai orangtua akan lebih baik dari waktu ke waktu.

Selebihnya, saya hanya ingin menggaris-bawahi tentang betapa pentingnya anak-anak memperoleh pengalaman bagaimana hak-haknya dimuliakan, dijaga, dan dipenuhi oleh orangtua. Ada amanah yang harus kita pertanggung-jawabkan kelak di yaumil-qiyamah, termasuk bagaimana menghormati hak yang telah ditetapkan oleh Alloh Ta’ala dan Rosul-Nya bagi anak-anak kita.

Wallohu a’lam bishowab.

Box: Rosululloh SAW sangat menekankan agar kita mencintai anak-anak tanpa syarat, menepati janji, tidak berbohong, dan adil terhadap mereka. Bagaimana anak-anak kita mengimani Tuhannya, kelak, sangat dipengaruhi oleh cara kita memperlakukan mereka di waktu kecil.

Mohammad Fauzil Adhim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar